Senin, 12 November 2012

Essay Dekadensi Moral di Era Globalisasi


NAMA     : MUHAMMAD RIDHA PURNAWAN
NIM         : 018558163
JURUSAN : BAHASA INGGRIS BIDANG MINAT PENTERJEMAHAN
FAKULTAS : FISIP

FENOMENA DEKADENSI MORAL di ERA GLOBALISASI
Fenomena kehidupan saat ini sangat beragam dan tentunya menarik untuk dicermati, salah satunya adalah fenomena dekadensi moral. Banyak budaya dari luar baik itu positif atau negatif yang mempengaruhi moral dan bisa mengarah ke arah yang dapat menimbulkan dekadensi moral di kalangan umat manusia di era globalisasi, hingga fenomena dekadensi moral sudah menjadi hal yang umum yang ada di tengah masyarakat dunia sekarang.Kalangan yang sangat rentan mengalami dekadensi moral adalah anak – anak muda banyak faktor yang menjadi penyebabnya.Salah satu faktor yang mempunyai pengaruh paling besar adalah media informasi mulai dari televisi,media internet dsb.Media internet memberkan dampak yang luar biasa di kalangan anak muda jika salah dalam penggunaannya.Salah satu contoh yang sangat ironis yang melanda masyarakat sekarang adalah banyak nya masyarakat yang megikuti budaya luar seperti budaya korea.Hal yang di khawatir kan sekarang adalah mulai berkurangnya rasa nasionalsime masyarakat di karena kan masuknya budaya luar yang lebih menarik.Dekadensi moral di mulai dari hal yang kecil mulai dari mengikuti budaya luar di mulai dari mengikuti cara berpakaian,berbicara,tradisi yang tidak sesuai dengan kepribadian masyarakat dan bahkan dapat mengurangi keimanan dan berpindah agama hanya karena ingin mengikuti trend yang sudah di dapat dari budaya luar.
Dekadensi moral yang melanda masyarakat terutama remaja saat ini memang sulit untuk di bendung. Budaya lokal yang masyarakat muslim yang dahulu kita ketahui sangat di junjung tinggi terkontaminasai oleh budaya dari barat yang mengajarkan hal yang sangat bertolak belakang dengan kepribadian umat muslim.Di Indonesia dekadensi moral sudah melanda banyak kalangan.Untuk sekarang ini remaja lebih tertarik dengan budaya luar,salah satu contoh yang mereka sebut “Demam Korea” yang sebagian besar di ikuti oleh umat muslim mereka mulai mengikuti gaya berpaian yang cenderung jauh menyimpang dari yang di syariatkan dalam islam,dan akhir nya mengarah ke hal – hal negatif lainya.Adanya pihak – pihak tertentu yang sepertinya sengaja dengan sengaja menyebarkan hal- hal yang dapat merusak moral, mulai dari budaya barat yang membanggakan budaya pergaulan, sementara pencegahan akan hal ini sangat minim mulai dari diri kita sendiri.Pencegahan akan hal ini masih kurang teratur dan dengan konsep yang tidak jelas cara dan solusinya.Imbas dari budaya luar ini sangat nyata di kalangan masyarakat islam Indonesia mulai dari perkotaan sampai ke pedesaan yang mengakibatkan kemerosotan moral yang sangat signifikan.
Untuk mengatasinya diperlukan dukungan dari semua pihak dan yang mempunyai pengaruh besar kembali ke jalan yang sudah di tentukan oleh agama islam.Pendidika islam pada intinya adalah sebagai wahana pembentukan manusia yang bermoral tinggi
DALIL-DALIL NAQLI
Firman allah swt :
1.      QS. ALI-IMRAM AYAT 160
Artinya : Sesunggguhnya dalam penciptaan langit-langit dan bumi-bumi dan silih bergantinya malam dan siang trdapat tanda-tanda dari orang-orang yang berakhlak.
2.      QS. SAD AYAT 46
Sesunggguh nya kami telah mensucikan mereka dengan menganugerahkan kepada mereka akhlak yang tinggi yaitu selalau mengingatkan mereka (manusia) kepada negeri akhirat.
3.      QS. YASIN AYAT 60
Bukankah aku telah memerintahkan kepada mu hai bani adam supaya kamu tidak menyembah syaithon? Sesungguh nya syaithon itu musuh yang nyata bagi kamu
4.      QS ANNISA AYAT 114
Tidak ada kebaikan dari banyak mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah.
5.      QS AL-ANFAL AYAT 2 DAN 4
Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah orang yang bila disebut nama allah gemetar hatinya dan apabila dibacaka ayat-ayatNya kepada mereka bertambah kuat iman merka dan hanya kepada allahlah mereka bertawakal.
 Ayat 4
Mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat tinggi disissi Tunan nya dan ampunan serta rezeki nikmat yang mulia.
6.      QS AT-TAUBAH AYAT 111
Sesungguhnya allah telah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka . Mereka berperang dijalan allah sehingga mereka membunuh atau terbunuh sebagai janji yang benar dari allah di dalam  taurat, injil, dan al-quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain allah maka bergembiralah dengan jual-beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.
ROSULLAH BERSABDA
  • Sesungguhnya aku Muhammmad saw tidak di utus melaikan untuk menyempurnakan kemulliaan akhlak.
  •  Ketahuilah kamu di dalam manusia terdapat segumpal darah. Apabila baik maka baik lah keseluruhan segala perbuatannya dan apabila buruk maka buruk lah keseluruhannya ketahuilah kamu bahawa ia adalah hati.
  • Sesungguhnya allah tidak melihat  dari rupa atau paras kamu dan tidak kepada tubuh badaan kamu dan sesungguh nya allah telah melihat kepada hati kamu dan segala amalan kamu yang  berlandaskan keiklasan hati
  • Seseorang itiu tidak beriman sehinggalah ia mengasihi terhadap saudaranya seperti mana dia kasih terhadap diri nya sendiri (Riwayat bukhari  dan muslim)
  •  Sesungguhnya amalan  yang sangat dicintai oleh allah selepas melakukan ibadat fardhu oleh hambanya ialah menggembirakan hati saudaranya sesama islam (riwayat baihaqi).
 Picture Source : Link

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Visit Indonesia

Visit Indonesia

Visitors